Saturday, March 18, 2017

10 Saham Potensial Untuk Investasi

Cover 10SPUI edisi Oktober 2016
Dear pembaca,

Terhitung awal April 2017 ini, saya menulis dan menjual e-book yang berisi tentang 10 saham yang menurut saya paling menarik untuk kita berinvestasi di dalamnya. E-book tersebut saya beri nama 10 Saham tersebut sudah disaring dari seluruh emiten yang aktif di perdagangkan di BEI. Dengan terbitnya e-book ini, semoga anda jadi lebih percaya diri dalam berinvestasi karena didalamnya saya memberikan ulasan secara lengkap alasan mengapa saham tersebut menarik untuk dipegang, minimal untuk jangka waktu 1 tahun.

Sasaran Pengguna


  1. 10SPPUI ditujukan untuk anda yang ingin meraup untung secara signifikan dalam berinvestasi di pasar saham Indonesia, namun memiliki kemampuan dan waktu terbatas untuk menganalisa dan bertansaksi saham. Faktanya, hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin jarang Anda bertransaksi, semakin besar profit Anda.
  2. 10SPUI hanya cocok untuk mereka yang memiliki rentang waktu investasi panjang (diatas 1 tahun). 10SPUI tidak cocok untuk mereka yang aktif melakukan trading (jual-beli saham dalam rentang waktu relatif pendek). Sehingga, dana yang digunakan untuk investasi harus berupa dana segar milik sendiri dan tidak mengganggu kebutuhan hidup standar si investor.  
  3. Pembahasan, 10SPUI edisi oktober 2016
    Pembaca yang menyatakan sepenuhnya bertanggung jawab sendiri atas tindakan investasinya, dengan atau tanpa 10SPUI sebagai bahan pertimbangan.
  4. Metode yang saya utamakan adalah gabungan dari Value dan Growth. Value Investing adalah strategi membeli saham perusahaan yang harganya terbilang murah dibanding kinerjanya. Growth Investing adalah strategi berinvestasi pada perusahaan yang mencatatkan pertumbuhan laba yang stabil dari tahun ke tahun.
    Deretan Investor besar dunia menggunakan dua strategi ini. Sebut saja Warren Buffett dan Peter Lynch.
  5. Saya tidak memperhitungkan likuditas (tingkat keaktifan transaksi saham) sebagai Kriteria Seleksi. Pembaca menyatakan siap untuk menghadapi likuiditas yang rendah. Seharusnya hal tersebut tidak akan jadi masalah bagi investor, karena rentang waktu untuk membeli dan menjual jauh lebih panjang dari trader.

Kriteria Seleksi

  1. STRUKTUR PERMODALAN yang baik (rasio utang/DER, ROA, dll)
  2. TRACK RECORD MANAJEMEN yang bersih dan berpihak pada kepentingan pemegang saham
  3. ARUS KAS yang baik (saya lebih mengutamakan kondisi arus kas ketimbang catatan laba bersih).
  4. DIVIDEN yang lancar, atau pernah lancar (terutama bagi perusahaan yang sedang buruk kinerjanya). Jadi selama menunggu, minimal rekening dana investor anda terisi pelan-pelan dengan uang dari dividen. 
  5. VALUASI, terbilang murah untuk kondisi aset dan kinerjanya saat ini.
  6. MOMENTUM harga saham yang berbalik menuju harga wajarnya
  7. PROSPEK juga dipertimbangkan, tentu saja setelah 6 kondisi diatas terpenuhi.

Hal-Hal Lain

Pembahasan, 10SPUI edisi Oktober 2016
  1. 10SPPUI diterbitkan setiap 3 bulan sekali (tiap Awal Januari, April, Juli, Oktober.
  2. Nomor urut emiten yang saya bahas (1-10) tidak menyatakan peringkat.
  3. Seperti halnya poin 2, saya juga tidak menyatakan 10SPUI akan memberikan gain paling besar dibanding emiten lain yang tidak masuk 10SPUI. Namun, yang saya tekankan adalah, dengan menerapkan sikap konservatif pada 10SPUI, pembaca saya terhindar dari tindakan-tindakan yang merugikan dari emiten, sembari menawarkan keuntungan yang layak dalam jangka panjang.
  4. Suatu emiten bisa saja muncul pada lebih dari 1 terbitan, baik berturut-turut maupun tidak berturut-turut. Jika terjadi berturut-turut, maka itu artinya saham tersebut masih saya pandang layak untuk investasi, dan harganya belum berubah banyak. Jika terjadi tidak berturut-turut, maka berarti pernah terjadi fluktuasi harga maupun kinerja, yang membuat saham tersebut dalam rentang waktu tertentu, terbilang tidak murah lagi.
  5. Karena faktor waktu, perkembangan harga terkini dan kinerja terbaru, daftar emiten yang saya pegang sahamnya seringkali tidak sama persis dengan 10SPUI, namun kriteria yang saya gunakan sama. Sebagai bahan pertimbangan, anda bisa mengunjungi http://www.bdanp.com/search/label/Portofolio%20kuartalan/ untuk melihat saham-saham yang saya pegang.
  6. Saya akan mengupdate situasi terkini dari emiten-emiten yang saya bahas, selama masih dibawah harga wajar, pada edisi selanjutnya hingga maksimum 1 tahun setelah terbit.


            Seberapa efektif Rekomendasi Saham di 10SPUI?


            Anda bisa membaca artikel-artikel di blog ini untuk menilai kredibilitas saya, hehe.

            Selain itu:
            "Perlu Diperhatikan", 10SPUI edisi oktober 2016

            Pada bulan Oktober 2016, saya sebenarnya sudah menulis edisi pertama 10SPUI. Namun saat itu hanya dirilis terbatas pada kalangan tertentu saja, dan dari segi editorial masih perlu banyak penyempurnaan, yang tentu sudah disempurnakan di terbitan yang sekarang. Namun, dari segi pemilihan saham, saya rasa cukup baik. Anda bisa melihat edisi Oktober-Desember 2016 tersebut secara gratis di sini:


            Sepuluh saham yang di bahas di edisi tersebut, berikut kinerja harga sahamnya adalah:


            Periode 1 Oktober 2016 - 19 Maret 2017
            emiten
            Kenaikan Harga saham (%)
            Mandala Multifinance (MFIN)134
            Clipan Finance Indonesia (CFIN)14.83
            Bank Bukopin (BBKP)4.9
            KMI Wire & Cable (KBLI)79.23
            Wilmar Cahaya Indonesia (CEKA)36
            Bank Jatim (BJTM)10.61
            Samindo Resources (MYOH)29.35
            Selamat Sempurna (SMSM)-6.82
            Supreme Cable Manufacturing & Commerce (SCCO)45.45
            Rata-rata38.62
            IHSG3.27

            Meski begitu, pencapaian diatas tetap tidak bisa digunakan sebagai patokan tentang capaian kenaikan harga saham-saham yang saya rekomendasikan di edisi-edisi setelahnya. Karena, sekali lagi, e-book 10SPUI ditujukan untuk investasi 1 tahun ke atas. Dan, setiap rekomendasi selalu bersifat disclaimer.

            Pemesanan

            Ok. Bagi anda yang berminat, harga promo e-book ini adalah Rp100.000.

            Pembayaran bisa ditransfer ke:

            Rek. BNI no. 0428616526 atau
            Rek BCA no. 0373160951

            Semuanya atas nama Sanda Restu Wibowo.

            Setelah transfer, silahkan beritahu saya lewat nomor hp/Whatsapp dibawah ini.

            Jika masih ada pertanyaan atau konsultasi (ngobrol-ngobrol santai juga boleh, gak wajib beli kok), silahkan  hubungi:

            telp/sms/wa: 089681467779
            Facebook: Ssr Wibowo
            email: pintar38@gmail.com

            Akan saya respon selagi tidak sibuk. 

            No comments:

            Post a Comment