Sunday, June 5, 2016

Pengalaman Mengajukan Secured Credit Card BCA (Update 15 Nov 2016)

Beberapa tahun belakangan ini, belanja online sudah makin familiar di kalangan warga Indonesia. Beragam situs E-commerce muncul. Sebut saja FJB Kaskus, Tokopedia, Bukalapak, dan masih banyak lagi. Belum lagi penggunaan kartu prabayar elektronik yang makin banyak ditemui terutama di toko-toko kayak Indomaret dan Layanan Transportasi Umum, misalnya Bus TransJogja. Hal ini semakin menunjukkan tren masyarakat yang semakin menjadi Cashless Society.

Bicara Cashless Society, pasti juga bicara salah satu komponennya yaitu kartu kredit. Terutama sekali kalau anda belanja dari situs-situs luar negeri, misalnya Alibaba dan Amazon, hampir pasti anda dihadapkan pada satu-satunya pilihan yaitu memiliki kartu kredit. Memang ada pilihan menggunakan VCC (Virtual Credit Card), namun biasanya tidak bisa bertahan lama dan seringkali, harus update karena masa berlaku yang terbatas.


Sementara itu, mengajukan permohonan kartu kredit juga bukan perkara yang gampang, terutama untuk kaum menengah kebawah di Indonesia. Syarat minimum pendapatan adalah sebesar 3 juta perbulan. Belum lagi syarat-syarat lainnya, misalnya surat keterangan bekerja (biasanya bekerja di suatu tempat yang sama harus sudah beberapa tahun, jadi gak bisa buat karyawan baru), fotokopi buku tabungan (transaksi harus dalam jumlah besar dan sering), atau Dokumen pendirian usaha (akan sangat menyusahkan untuk freelancer). Yang paling memberatkan mungkin adalah, wajib punya sambungan telepon tetap yang bisa dihubungi. Jadi gak bisa bermodal no. Hp. Dulu ada yang coba mengakali pake no. HP Flexi (karena punya kode area yang sama dengan no. telepon rumah), namun untuk sekarang jelas sudah susah. 


Nah, untungnya ada solusi yang mumpuni untuk semua perkara diatas. Perhatikan kondisi saya saat ini:
  • Domisili berbeda dengan alamat KTP. KTP Samarinda, domisili Jogja.
  • Tidak berstatus karyawan, namun usaha saya juga belum punya SIUP. 
  • Tidak punya nomor telepon rumah, hanya HP.
  • Pendapatan dibawah 3 juta.
  • Rekening masih baru, belum ada riwayat transaksi besar dan sering yang tercatat di buku tabungan.
Kalau saya mengajukan permohonan (apply) kartu kredit dengan cara konvensional, berbekal kondisi-kondisi diatas, hampir pasti permohonan saya ditolak. Namun ada cara lain yang bisa kita gunakan, dan hampir pasti di terima, yaitu menggunakan Secured Credit Card Bank BCA.

Sangat susah mencari informasi tentang program Secured Credit Card (SCC) BCA ini dari pihak BCA sendiri. Anda tidak akan pernah menemukan brosurnya, iklannya di internet juga tidak ada. Yang bisa dicari hanya testimoni-testimoni para netizen yang sudah pernah mengajukannya (termasuk saya, melalui artikel ini).

SCC adalah kartu kredit dengan menggunakan jaminan berupa dana sejumlah tertentu yang ditahan oleh pihak penerbit kartu. Dibutuhkan dana jaminan karena syarat-syarat konvensional lain diatas tidak perlu dilalui oleh nasabah yang memang bermasalah. Untuk BCA, Jaminan Minimum adalah sebesar Rp3.600.000. Limit kartu kredit yang diberikan adalah sebesar 80% dari jaminan yang kita berikan. Jadi kalau kita menjaminkan dana 3.600.000 pada pihak bank, kita akan mendapat limit kartu kredit sebesar Rp3.000.000.

Yang saya bawa waktu mengajukan permohonan BCA cabang Yogyakarta adalah:
  1. KTP, 
  2. SKTS (Surat Keterangan Tinggal Sementara), serta 
  3. Buku Tabungan Tahapan BCA (Yang rekeningnya sudah saya isi dana Rp3.6 Juta). 
Jadi saran saya, sediakan dokumen-dokumen tersebut. kalau belum punya rekening Tahapan BCA, segeralah buat.

Pengalaman saya mengurus SCC di BCA ini cukup lancar. Hanya beberapa kali saya harus ke Bank karena ketika Kurir hendak mengantarkan kartu kredit, HP saya mati dan saya tidak di kos, sehingga kurir menolak untuk menyerahkannya ke orang-orang yang satu kos dengan saya.

Lama waktu yang dihabiskan mulai dari pengajuan sampai pengiriman kartu kredit adalah 14 hari kerja (bukan 14 hari kalender). Sayangnya saat kartu kredit dikirimkan saya tidak ada. Setelah saya mengajukan lagi permohonan mengiriman, sehari setelahnya saya langsung dihubungi kurir yang sudah menanti di depan kos. Wow. Cepat Sekali!

Selama masa penantian 14 hari kerja, pastikan ponsel anda selalu aktif selama jam kerja. Ini supaya begitu kurir menghubungi, anda langsung bisa berkomunikasi, terutama ketika anda sedang tidak di alamat. Kurir tidak akan dengan gampangnya menyerahkan kartu tersebut kepada orang-orang di kos. Harus anda sendiri yang menerimanya.

Oh ya, saat anda mengajukan aplikasi kartu kredit di BCA, anda akan ditawari bukan 1 kartu, melainkan 2 kartu sekaligus. Yang satu BCA Everyday Card sebagai kartu utama, satu BCA Batman Visa sebagai kartu tambahan.

BCA Everyday card tidak bisa digunakan untuk belanja di luar negeri, juga gak bisa buat verifikasi Paypal, karena tidak terhubung dengan jaringan kartu multibank manapun, hanya jaringan kartu BCA sendiri. Namun keunggulan kartu ini adalah banyak memiliki program-program belanja (diskon, reward) yang sangat gencar di Indonesia.

Nah, untuk kartu tambahannya (punya saya BCA Visa Batman) ini yang bisa digunakan untuk belanja di luar negeri, karena terhubung dengan jaringan kartu VISA. Jadi bisa juga untuk verifikasi Paypal.

Tenang saja, meskipun anda diberi 2 kartu sekaligus, untuk tahun pertama tidak akan dibebani biaya iuran kartu, alias gratis.

Sepertinya, pihak BCA sengaja tidak membuat iklan maupun brosur tentang layanan Secured Credit Card ini, demi menjaga gengsi pemegang kartu kreditnya. Seperti yang kita tahu, cukup susah untuk mengajukan permohonan Kartu Kredit bagi sebagian besar rakyat Indonesia. Kalau syaratnya dipermudah gini, mungkin ada yang merasa gengsinya berkurang. hehe

Secured Credit Card dari BCA tidak punya pembedaan apapun dari kartu kredit biasa. Sehingga orang lain tidak akan tahu apakah kita pakai kartu kredit jenis secured atau tidak. Ini penting karena dengan tidak adanya pembedaan ini kita juga bisa dengan mudah apply kartu kredit lain (bahkan dari bank yang berbeda). Asal riwayat pembayaran kredit lancar setelah beberapa bulan (sekitar satu tahun), ditambah nama besar BCA, anda bisa dengan mudah mengajukan kartu kredit ke bank lain.

Saya menyebut ini keunggulan, karena ada juga bank lain yang menyediakan SCC, yaitu Bank Sinarmas. Namun untuk SCC tersebut, mereka menggunakan brand khusus yang berbeda dari kartu kredit biasa, yaitu INDIGO. Meskipun jaminan dananya lebih kecil (hanya 1 juta) namun saya ragu kartu kredit tersebut bisa digunakan untuk apply kartu kredit lain meskipun riwayat kartunya sudah lama dan pembayaran lancar. Karena ya itu tadi, ada pembedaan brand antara kartu kredit biasa dan SCC-nya.




UPDATE!!!!!! 15 November 2016
Berikut ini testimoni dari Agan Hirzee yang mbaca artikel ini dan mempraktekkan langsung di KCU Bandung--Dan di approve tentu saja-- :

Pengalaman apply scc bca, datang ke kcu bandung sesuai saran langsung diarahkan ke lt 3. tanya2 syarat pengajuan kk dijelaskan oleh cs, lalu bertanya ttg program kk dngan dana ditahan (scc) csnya bilang di bandung sudah tidak ada program tsb. dipancing2 lagi dia jelaskan scc hanya untuk wna dan "pengusaha bisnis full online", saya terlanjur cerita punya usaha "offline" dia dorong untuk bikin siup, skp, npwp dengan catatan apabila sudah diusahakan mentok dia janji membuka program scc untuk saya.

pulang pengen apply ke sinarmas tapi masih penasaran sama bca, lewat bca cabang lain saya pikir ada bagian khusus kk, tapi sama satpam diarahkan ke desk marketing kk dia cerita scc sudah tidak ada dan mengeluarkan lembar aplikasi, saya isi ogah2an dah illfeel, saya bilang tidak punya slip gaji, siup, skp, npwp, fixed line, rumah masi nebeng. kata sales ok gpp dia ngeluarin surat pernyataan saya ttd saja. dalam hati apply pasti ditolak.

selang 1 minggu ada telpon dr bca nyocokin data2. 2 minggu ditelpon sales untuk revisi ttd karena tidak sama antara ktp dan aplikasi, dia bilang 99% diterima. 2 minggu kemudia dapet sms kk di approve. he he..

poinnya untuk scc hanya bagi pengusaha full online yg tidak bisa mengusahakan syarat2 untuk aply kk reguler.

tanya cs pelan2, biasanya denger kata scc saja cs sudah ogah2an. pncing2 lagi jgan nyerah. dan jgan sekali2 bilang punya usaha offline.


138 comments:

  1. Ngomong ke CS BCA nya bilang apa Gan kalu mau bikin CC sistem jaminan saldo tabungan? Kalau misa nasabah baru yang hari itu juga baru buka rekening tabungan BCA apa bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk nasabah BCA, meskipun baru bikin, menurut saya harusnya tetap bisa. Asal tersedia dana minimal 3.6 juta tentu saja.
      Untuk ndaftarnya mending langsung ke kantor cabang utama, bukan kantor cabang pembantu apalagi via telpon HaloBCA. bilang aja "Mau apply kartu kredit dengan menjaminkan dana". Mereka pasti ngerti kok gan.

      Delete
    2. Terimakasih atas informasinya Gan :) soalnya denger2 BCA sudah tidak menerima lagi pembuatan CC pake jaminan saldo tabungan, nah info terbaru dapet dari blog Agan yg ternyata masih bisa :D

      Delete
    3. @supriyadi: Yah coba aja dulu gan. Siapa tau udah gak bisa . Kalo emg udah ga bisa berarti betapa beruntungnya saya :D

      Delete
    4. Selamat malam maaf saya mau tanya dan mohon info nya saya mau bikin Npwp ktp saya daerah namun kantor sya di kemayoran dan alamat PT saya bekerja alamat Jakarta selatan namun jika saya buat dengan menggunakan surat keterangan kerja dgn menggunakan cop surat yg beralamtkan di jakarta pusat sesuai alamat PT saya bekerja namun saya Datang nya di kantor pajak kemayoran Jakarta pusat apakah bisa ?

      Delete
  2. katanya bca secure card dah gak ada ya :? bener ga' sih . pas butuh cuman buat bayar2 nih . btw , thanks dah share ya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane bikin SCC diatas akhir bulan April tahun 2016 tuh gan. Jadi menurut saya masih ada.

      Delete
  3. Ke Mandiri aja gan kalo males ke sinarmas, adik saya yg masih SMA bisa dapet SCC Mandiri karena memang mau ke Luar Negeri. Sama seperti hal nya BCA, gak ada perbedaan di kartu di SCC Mandiri. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan mau tanya itu adek nya pas apply buat kartu utama/tambahan?

      Delete
  4. harus 21 tahun dulu ya gan baru bisa apply ? saya mahasiswa 20 tahun yang lagi bisnis online hehe. butuh cc buat akun paypal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya 21 tahun.

      Kalo mau, bisa daftarkan kartu utama atas nama orang tua aja, nah bikin kartu tambahannya baru atas nama sendiri, karena kalo kartu tambahan bisa 18 tahun.

      Delete
  5. mas kalo sistem pembayarannya bisa cicilan atau harus full payment kaya sinarmas?. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo belanja diatas 500.000 bisa dialihkan pake Cicilan BCA
      Kalo minimum pembayaran tagihannya, 10% dari total transaksi tercatat tiap bulan.

      Delete
  6. Masnya ngajukan di kota mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tempat mengajukannya Udah tak tulis jelas kok mas.

      Delete
  7. Saya tanya ke CS BCA di twitter katanya sudah tdk bsa lagi, dan sudah di tutup sejak 2014, ini mas benar bulan april 2016? , minta line mas . Mau tanya2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius gan saya bikinnya april 2016. Coba datang langsung ke Kantor Cabang Utama (bukan kantor cabang pembantu/Kantor KEcil) dan juga Bukan HaloBCA. Soalnya saya juga kesusahan waktu minta info ttg Secured Credit Card via HaloBCA

      Delete
    2. Ga ada line mas. WatsApp aja
      082358010064

      Delete
  8. Saya tanya ke CS BCA katanya sudah ditiadakan sejak 2014, apakah agan benar daftar nya bulan april 2016? Boleh minta bbm/line, saya mau tanya2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius gan saya bikinnya april 2016. Coba datang langsung ke Kantor Cabang Utama (bukan kantor cabang pembantu/Kantor KEcil) dan juga Bukan HaloBCA. Soalnya saya juga kesusahan waktu minta info ttg Secured Credit Card via HaloBCA.

      Ga ada line mas hehe
      WA aja di 082358010064

      Delete
  9. kemaren baru bikin,,,, dan masih bisa, memang harus kecabang utamanya bca

    ReplyDelete
  10. Bener2 harus di kantor cabang utama ya gan ?? atau di KCP jg bisa namun lebih sulit ?
    lalu klo SCC ini ga bisa lgsg jadi ya gan ?hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup... kantor cabang utama... ga bisa kalo KCP
      14 hari kerja baru jadi

      Delete
  11. Untuk Secured Credit Card BCA bisa ga gan kalau umur masih 18? Soalnya saya lihat kebanyakan artikel di web minimum umur untuk pengajuan SCC 17 tahun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya yang 17/18 tahun itu untuk kartu tambahan. kartu utama 21 tahun.

      Delete
  12. Ane bisa koq gan ke KCP Samarinda ini dalam proses SCC nih,moga2 cepet datang,btw proses lock dananya kemarin brp hari ? ,ane sudah ttd surat lock dana,tapi dana ane masih utuh2 aja heheheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. BCA yang sebelah mana? kalo yg di jl. Sudirman (dekat pasar pagi) setau saya namana KCU samarinda, bukan KCP samarinda.

      Kalo di buku tabungan memang masih ditampilkan dana yg di lock itu, tapi ga bisa di akses. Nunggu minimal setaun baru bisa diakses lg dananya.

      Delete
    2. oh iya. dana baru di lock kalo memang bener2 udah di approve/disetujui pihak BCA di jakarta sono. Jadi kalo belum di lock, ya berarti belum di proses di pusat.

      Delete
    3. KCP Abul Hasan, owh begitu ya.... sepertinya akan lama hahahahaha

      Delete
    4. oh ya syukurlah kalo bisa di KCP. Tapi tetep buat yg lain saya sarankan ke KCU. Lebih pasti soalnya...

      Delete
  13. Ini bebas cabang utama di kota mana saja? Soalnya saya dulu buat rekening di Bandung dengan menggunakan surat keterangan kuliah. Sekarang saya tinggal di kampung di Tasikmalaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gan, asal udah E-KTP, biasanya dipermudah.
      KCU-nya yang deket stadion Dadahan kan?

      Delete
    2. Mbah Gugel bro hehe
      Gimana, udah bikin CC?

      Delete
  14. Baru tau masih bisa, kirain sudah ngga bisa, minggu depan mau ke cabang utama Bandung untuk tanya.

    BCA gede amat ya dana yang dilock, sinarmas cuma butuh 1jt udah bisa scc.

    Kartu visa BCA-nya bisa dapet cicilan 0% juga ngga ya? seperti kartu kredit biasa.

    Kalo bank sinarmas kan ngga bisa program cicilan gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang dana yg di lock BCA lebih gede, tapi keunggulannya dibanding sinarmas udah saya tulis di atas. menurut saya lebih dari setimpal kok...
      Saya udah sering banget bikin cicilan 0% pake BCA Visa.

      Delete
    2. sama nih di bandung. rencana senin mau ke bca yg di dago.
      siapa tau di acc. sempat pernah mengajukan cara konvensional dan akhirnya ditolak. hahahahaa

      Delete
    3. "Jangan menyerah gan. Hidup gak selebar daun kelor".
      -Mario Gaduh-

      Delete
    4. Mas Jono dan Mas Arif, jadi sudah daftar di BCA Bandung? Kebetulan saya juga berminat, jadi nunggu kabarnya bisa apa nggak.. hehe

      Delete
    5. wah kalo gitu kopdar aja sekalian gan

      Delete
  15. Aduh harus ada Surat Keterangan Tinggal Sementara, hubungan ane dengan Pak RT kaga baik euy... ane males minta surat itu... hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gitu dibaik-baikin aja RT-nya gan. Ato kumpulin warga buat rapat lengserkan RT.

      Delete
  16. Secured Credit Card (SCC) bisa dibuat di BCA, Mandiri dan Sinar Mas...kelebihannya status aplikasi 95% disetujui dan tidak ada perbedaan dengan kartu kredit biasa kecuali Sinar Mas yang tidak memiliki program cicilan 0%. Kekuarangannya dari SCC adalah pembayaran harus full payment alias harus lunas seluruhnya kecuali pembelanjaan yang mengikuti program cicilan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo BCA semua transaksi bisa diubah jadi cicilan kok mas, asal nilai total belanjaannya diatas 500 ribu.

      Delete
    2. kalo untuk mandiri dana yang akan di lock minimal berapa

      Delete
  17. mas klo scc ini bisa pecah cicilan gak ya?seperti cc lain pada umumnya?

    lumayan nih klo memang bisa, jadi saya bisa beli motor dengan bunga ringan pake SCC hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dibikin pecah cicilan. tapi nilai transaksi tetap sesuai limit kartu kredit. misal kartu kredit 3 juta, gak akan bisa buat belanja motor seharga 13 juta, meski dibikin jdi cicilan 600.000 perbulan

      Delete
  18. Pada prinsipnya SCC itu memberikan limit sebesar 80% dari nilai saldo yang di lock oleh pihak bank. Misalnya jika nilai saldo yang di lock sebesar Rp10 jt maka limit SCC kita adalah Rp.8 jt. Saran saya kalau mau ambil SCC, pilih BCA atau Mandiri karena ada program cicilan 0% dan juga banyak promo2nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo bca kan dana yang di lock minimal 3.600.000 dan kalo untuk mandiri berapa dana minimal yang akan di lock mohon penjelasan nya gan

      Delete
    2. izin nanya gan kalo untuk bca dana yang di lock 3.600.000 dan kalo untuk mandiri dana yang di lock minimal nya berapa ya gan

      Delete
  19. Mas biaya2 printilan lainnya apa aja? Misal kayak biaya tahunan, bunga dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. biaya2 printilan lain sama aja kayak kartu kredit bca yang biasa. bisa dibaca di situs BCA

      Delete
  20. sudah dapat konfirmasi dari petugas BCA, program ini sudah tidak tersedia di BCA..

    ReplyDelete
  21. Mas. Kalau ditanya untuk ala bikin cc nya??
    Tes dari pengajuan sampe dtng nya kartu kredit brp hari ?? Minggu??

    ReplyDelete
  22. 1. mau ikut nyanya nih, di grogot (kota saya) blm ada bank bca,yg ada bca di balikpapan aja, apakah jika saya kebpp bawa surat domisili atau e-ktp bsa buka tabungan dan pengajuan scc
    2. jika bisa apakah cc yg sudah jadi bisa di antar ke kota saya.

    satu naskah beda cerita,..
    1. sebulan yg lalu apply cc mandiri, kemarin tgl 2 nov katanya reject,apakah bisa apply bru lg tgl 7 nov 2016 dengan status scc....?
    2. berapa nilai dana lock di mandiri ?

    3. makasih atas jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. bisa. asal ktpnya e-ktp, semua daerah bisa.
      2. harusnya bisa.
      ...
      1. bisa
      2. tidak tahu. saya tidak punya scc mandiri.
      3. sama-sama

      Delete
  23. Kalo mandiri lock-nya berapa ya? ada yang tahu?

    3.6 belum ada soalnya. Tadi baru mau processing SCC Sinarmas dulu, mudah2an 1-2 tahun sudah bisa "upgrade" ke SCC BCA atau Mandiri.

    ReplyDelete
  24. Gan nanti bilang ke CS nya gimana ya? Mau buat secured credit card apa gimana? Nanti ditanya kerja an nya nggak ya? Trus kalo misalnya KCU di luar domisili apa bisa? Mohon bantuannya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua sudah dijawab di artikel dan komentar-komentar diatas.

      Delete
  25. Pengalaman apply scc bca, datang ke kcu bandung sesuai saran langsung diarahkan ke lt 3. tanya2 syarat pengajuan kk dijelaskan oleh cs, lalu bertanya ttg program kk dngan dana ditahan (scc) csnya bilang di bandung sudah tidak ada program tsb. dipancing2 lagi dia jelaskan scc hanya untuk wna dan "pengusaha bisnis full online", saya terlanjur cerita punya usaha "offline" dia dorong untuk bikin siup, skp, npwp dengan catatan apabila sudah diusahakan mebtok dia janji membuka program scc untuk saya.

    pulang pengen apply ke sinarmas tapi masih penasaran sama bca, lewat bca cabang lain saya pikir ada bagian khusus kk, tapi sama satpam diarahkan ke desk marketing kk dia cerita scc sudah tidak ada dan mengeluarkan lembar aplikasi, saya isi ogah2an dah illfeel, saya bilang tidak punya slip gaji, siup, skp, npwp, fixed line, rumah masi nebeng. kata sales ok gpp dia ngeluarin surat pernyataan saya ttd saja. dalam hati apply pasti ditolak.

    selang 1 minggu ada telpon dr bca nyocokin data2. 2 minggu ditelpon sales untuk revisi ttd karena tidak sama antara ktp dan aplikasi, dia bilang 99% diterima. 2 minggu kemudia dapet sms kk di approve. he he..

    poinnya untuk scc hanya bagi pengusaha full online yg tidak bisa mengusahakan syarat2 untuk aply kk reguler.

    tanya cs pelan2, biasanya denger kata scc saja cs sudah ogah2an. pncing2 lagi jgan nyerah. dan jgan sekali2 bilang punya usaha offline.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahaha. perjuangan kelas berat nih gan! mantab! thanks sharingnya

      Delete
    2. Mas ini di cabang bandung mana ya?

      Delete
  26. Izin kasih info deh. scc bca masih bisa. tapi memang gak banyak yang tau juga karena jaga gengsi kali ya. proses saya begini

    24 Oktober 2016, saya mengajukan secure credit card BCA, lalu cs pun bingung dan langsung saya tambahi buat kartu kredit dengan sistem deposit, nah mereka ngerti. lalu isi formulir standar, tanpa slip gaji juga bisa. karena pada dasarnya dana kita di a diblokir oleh pihak bank. lalu diproses lah seperti biasa. lamanya proses saya adalah karena pihak kepala kcp sibuk di minggu itu, jadi baru bisa diproses di hari jumat tanggal 28 oktober [info cs bca kebetulan adik kelas di sma], setelah menunggu, ternyata gak ada juga telpon tersebut. sampai akhirnya di tanggal 21 november kemarin, saya dihub pihak kcp tempat saya apply untuk mengambil kartu kredit. tanpa ada telpon dari pihak verifikasi juga. jadi sktr 4 mi ggu dari proses pengajuan via deposit. salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih testimoninya... Boleh tahu bikin di KCP mana?

      Delete
    2. bukan jaga gengsi mas..
      tapi kalo semua pada ngajuin scure credit card,otomatis sales CC gak dapet apa..
      saya rasa itu alasan yg tepat..
      mengenai sales yg beredar itu raup data konsument sebanyak2nya,mau di terima atau gak itu bukan urusan si sales dan gak perduli,yg penting urusan bakul nasi si sales ngebul..
      mungkin pikiran saleh seupama dapet 100 kepala perhari gak ada yg tembus..
      dan denger2 si sales juga dapet komusi dari setiap data konsument yg masuk ( data yg valid ) walaupun itu konsument direject/di tolak aplikasinya si sales dapat komisi juga..
      nah itulah kenapa sales CC seperti kesetanan rayu2 orang untuk apply CC..
      ntr udah apply ditolak tinggal konsument yg makan ati buang waktu dan tenaga,seakan dipermainkan..
      ada lagi saya lihat banyak sekali Tips2 di internet supaya Approve pengajuan CC nya dengan syarat semua berkas2 yg di minta pihak bank terpenuhi..sebenarnya logikanya ini bukan Tips ( karena nenek nenek juga tau kalo semua berkas terpenuhi pasti approve )

      Delete
  27. Oh ya gan mau tnya trus kira" kapan kita bisa cairkan dana yg di lock y itu
    Trs klo kita udh cairkan dana yg di lock y itu apakah cc y akan diblokir ato tidak ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Katanya sih setahun (kalo riwayat pembayaran lancar), tapi saya belum ngalamin sendiri, soalnya SCC saya belum ada setahun.
      harusnya kalo dana yang di lock udah di buka, CC tetap berlaku.

      Delete
  28. boleh gak berbagi pengalaman sedikit hehehhe, beberapa waktu lalu saya iseng2 saja apply CC danamon by telp, biasa dtelp marketing CC, truz d srh dtng ke danamon buat isi data dll, kira2 10 hr lah , g lama2 amat smpe udah di analis eh dua hr kemudian dpt sms di tolak applikasinya....kecewa bgt, dua hari kemudian saya ke bank danamon ,mnta konfr ke CS...d bantu smpe d tolong buat bicra langsng ke analis pusat, dan terxta jawabannya rahasia, hahahahaha...jd bro saya penasaran dong dgn kata penasaran, terxta pas saya mintol ke marketing yg apply dulu, mereka coba telp ke pusat dan jawabannya terxta saldo rekening sayayg d bwh 5 juta, saya blm cerita klo kej d danamon manado hehehe, so dr pengalaamn saya kita nasabah yg tidak pnya slip gaji ato pekerja lepas, harus pnya rek bank min 5 juta tdk di utak atik selama beberapa bulan, lbh bagus klo smpe 6 bulan, so buat maju lg setelah d tolak, kita udah mantap hehheehe,ada tips juga....klo kita pnya usaha dan tdk pnya SIUP, bisa pake srt ket dr kelurahan dgn mencantumkan jenis usaha dan pend bersih sebulan, ini bocoran dr orang marketing CC.smoga bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah thanks banget sharingnya untuk CC Danamon :)

      Delete
    2. Betul banget gan, ane juga apply CC BCA tidak punya syarat dan kelengkapan apa-apa hanya modal KTP dan aktif transaksi dengan rek BCA juga ada saldo ngendap 20jt. apply CC langsung approve.

      tidak perlu slip, npwp, siup, sku, skp, Telpon rumah. mantap..

      Delete
    3. Banyak amat gan 20 jt . saya 3.6 Jt udah tembus :D
      Btw slamat ya

      Delete
    4. klo saldo tab 20 juta, g cuma BCA, smua bank sama hehehe, anda bakal d kira sebagai nasabah dewa baru, coz pnya duit puluhan juta, yg orang kerja kantoran aja g bisa ada tab 20 juta hehehe, blum lama setelah d rejek CC danamon, dr bag KTA kejar2 buat apply KTA mereka, tp karena pengennya CC bukan duit segar, gw mah ogah2 aja alias jual mahal hehehhe, intinya klo pnya duit, yah orang bank pasti luluh, ada rencana sich pengen log tab spya g ribet, tp cerita gw d atas ,cm jd info tambahan aja, spya kt perhatikan saldo rek kita...spaya bank percya klo itu duit kita dan kita sanggup membyr cicilan , sbb bank bisa prediksi brapa penghasiln kita hnya dr saldo tab kita.

      Delete
    5. sip. emang bener gan.
      prinsipnya,makin mudah ngajuin kartu kredit/kartu pinjaman kalau kita menunjukkan sikap tidak butuh kartu kredit/pinjaman

      Delete
    6. klo pengalaman lolos KTA sama KUR, kt g bisa ogah2 doang, coz kt d posisi pemohon, emang awalnya marketing kejar2, tp smua d tangan analis, sekedar info juga,sp tau agan berumah tangga misal, truz bth rumah sama bth KTA, kt mesti kejar marketingx hehehe, klo g bisa apes ga lolos pengajuannya, btw gw baru dr BCA manado, sx nanya2 CC mereka, pas ketemu teman yg sekretaris d st, gw coba tnya SCC BCA, dy kykx ngerti maksud gw, pasd tnya ke bag CC, jawaban mereka udahg ada lg, yah apes dech, mang bener n BCA, bank super gengsi hehehhe, mau d ksh duit juga jual mahal hehehhee

      Delete
    7. sekedar share aja,hr ini CC Bni BJB gold gw golllll, CC BCA gw ampe detik ini g ada kabarx hehehhe, mang ssh klo g pnya slip gaji, CC BNI gw gol,coz mnta tolong HRD d kantor lama sich...and cm 2 mnggu kartux udah smpe and td udh gw pake,analisx gak nelpon sama sx wwwwkkkkk tiba2 aja nongol, mngkn kejar target kaleeee...yg lg berjuang cr cara buat lolos CC, pake aja cr ini,mntol tolong teman saja, tp sebelumx guys loch kudu pernh kerja d perusahaan lah,min ada koneksi buat slip gaji ama kantorx buat angkat telp.sekiannnn

      Delete
  29. Mau buka scc di mandiri harus punya rek mandiri nggak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gga tau saya. tapi kalo di BCA ya hrus punya rek. BCA

      Delete
  30. Pengalaman saya di bca kcu bandar lampung kmrn. Niat sih mau bikin kartu kredit yg tanpa lock dana. Dtng di sambut ca yg ramah trus dikasih no antrian. Pas ngantri cs nya yg mbak2 nyamperin. Nanya mau bikin kartu kredit ya mas. Dia bilang kebijakan baru klo mau bikin kartu kredit harus lock dana. Minimal 3,6jt buat dpt kartu yg limitnya 3jt. Katanya tingkal mpl dilampung lg tinggi jd hrs pke sistem lock. Selama kita pke kartu kredit dana ga bisa ditarik. Kecuali kita tutup kartu nya. Dan kenaikan limit jg harus nambah deposit dana yg di lock.. Sempet nanya panjang lebar sama mbaknya. Karna saya niatnya bikin yg tanpa lock dana jadi saya putuskan untuk ngak apply dulu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. AJIGILE. Yang lain brjuang biar dpt SCC , agan yang ini malah diwajibkan SCC

      Delete
  31. Gan, prosesnya berapa hari? Ane dah 21hari tp belum dapat sms.

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya 14 hari kerja. coba datangin lagi kantornya

      Delete
  32. Serius ya ini? Dari dulu nanya lewat twitternya bca katanya udh ga ada program kaya gitu. Thanks sharenya.. Lagi butuh bgt cc buat verifikasi paypal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Percuma mah kalo tanya lewat HaloBca, baik telpon maupun sosmed bakalan sama jawabannya: udah ditutup. Padahal jelas2 saya dan testimoni orang2 diatas menunjukkan hal yang berbeda

      Delete
  33. ane baru apply cc bca scc gan tgl 23, saya tanya ke cs bca pusat semarang pertama x di tanya apakah anda WNA?? jleb langsung ane ketawa bilang muka kyk gini di bilang wna to mba2 aneh2 aja.. terus di jawab scc cuma untuk wna yang membutuhkan cc di indonesia sebagai jaminan uang di tahan. dikira belum ngerti soal ini kali ane.. langsung aja todepoint maaf mba saya butuh cc untuk transaksi online luar negri blablabla langsung deh dikasih from tapi di ingat jangan bilang punya usaha offline bilang aja internet marketing soalnya kalau punya usaha offline pasti di tanya siup, langsung di isi semua from dan di buat lah surat keterangan tidak memiliki npwp. dan jgn lupa isi penghasilan di bawah 3,5 jt soalnya di atas itu harus buat npwp walaupun bisa, harus ngurus dan bulan berikutnya disuruh lapor npwp.. dan celakanya ane tulis 4jt dan harus buat dan harus lapor ke bank bulan berikutnya.. ane buat limit 3jt deposit (3,6jt) dan yg saya heran pihak sc bca gak bisa pastiin pasti di acc salias 50:50 tergantung analisi dan ane bikin ragu si cs minta salah satu no tlpn rumah yg aktif(rumah sendiri/sodara) sedangkan skrng sodara semua tlpn rumah pada di cabut -_-.. itu yang membuat ragu bakalan di acc..

    > untuk ts mau tanya kalau di acc apa boleh & bisa langsung di gunakan mendekatin limit buat belanja di cicilan 0%?
    sama andai bisa bulan berikut kan mencicil contoh limit 3jt bulan januari beli hp cicilan 0%, bln depan febuari cicil bln pertama 250rb kan. apa bulan febuari limit kembali semula bisa di gunain ambil hp 3 jt kembali? atau gak bisa? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. A. Ya, langsung bisa. Bahkan mendekati limit. Asal tidak melebihi limit.
      B. Saya bingung sama pertanyaannya. Berapa harga full dari hp yg agan cicil itu? Kalo harga hpnya 3 juta (dan limit kk agan jg 3 juta) maka limit jadi 0 utk tagihan bulan januari. Bulan depannya, kalo agan sudah bayar 250rb, maka limit agan ya jadi 250rb. Begitu seterusnya sampe limit agan balik jadi 3 jt lagi.

      Delete
    2. Oh ya. Waktu saya appky dulu juga ditanyain telp rumah. Saya bilang aja gak punya. Tetep lolos kok

      Delete
  34. Wah info nya mantap nih, dan kerennya lagi, TS nya aktif di tanya jawab.

    ReplyDelete
  35. Saya apply dr tanggal 13 dec sampe sekarang cuma di telp sekali doang ditanyain pas ke bank di suruh ttd berapa kali -,- abis gitu ngegantung ga ada kabar apa-apa lagi.. :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar gan. Ingat hutuh 14 hari KERJA bukan hari kalender. Kalo ngeyel coba cabang lain.

      Delete
    2. Saya dari tanggal 22 Nov 2016 gan, tiap minggu bolak-balik KCP sampai sekarang ga ada kejelasan. Telp, sms juga gak ada

      Delete
    3. Udah apply di KCP gan. Tapi tadi abis marah-marah sekarang udah ada penjelasan. O iya gan, proses naik limit gimana? Apa bisa langsung pas kartu datang? Untuk prosesnya berapa lama?

      Delete
    4. tuh kan bener. Apply SCC tu sebenarnya masih bisa. tapi sering pihak BCA suka berbelit-belit. Tinggal adu argumen dan ngotot2an aja sih.

      Upgrade limit harusnya langsung bisa begitu kartu aktif. tinggal datangi pihak bagian card center tempat agan apply, dan siapkan dana jaminan baru buat di lock di rekening.

      Delete
    5. mungkin butuh 2-3 hari kerja sejak agan ngajuin kenaikan limit lewat jaminan dana

      Delete
  36. nanya gan kalo buat bank mandiri dana yang di lock minimal berapa

    ReplyDelete
  37. kalo untuk bank mandiri dana yang akan di lock minimal berapa ya untuk pengajuan ssc mandiri, bagi agan2 yang tau sharing donk

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok gan, ini saya juga lagi apply di bca mudah2 gol gan ��

      Delete
    2. biasa nya kalo udah di call sama telemarketing nya proses nya berapa lama lagi itu gan dan kalo di apply apa gak pengajuan kita apa ada pemberitahuan nya gan

      Delete
    3. tinggal beberapa hari. gak sampe seminggu. agan stand by aja dirumah. karena kartu kredit akan segera dikirim.

      Delete
    4. jadi dana yang di lock sistem nya gimana? apa setelah terima kk atau gimana gan

      Delete
    5. waktu udah di approve, dana akan di lock. setelah itu kartu di kirim

      Delete
    6. Gan kalo kita mau cancel apply scc bca itu bisa gak gan dan prosedur nya seperti apa gan,soalnya kelamaan dan ane sudah dapat cc reg dari bank sebelah

      Delete
  38. gan kalau sudah punya kartu kredit scc bca ngajuin cc bca reguler bisa nga? atau nunggu berapa lama baiknya ngajuin reguler? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Tapi harus lewat analis kartu kredit. Sedangkan kalo scc biasanya ga dianalisis banyak2.

      Delete
    2. gan saya udah ajukan hari ini saldo berkurang tiba2 tanpa ada history sebesar 3,6 apa wajar? jadi saldo jaminan langsung di kurangin bukan di kunci aja? tnx

      Delete
    3. tergantung agan ngecek saldo di mana.
      kalo ngecek di klikbca/ATM, iya. saldo langsung dipotong.
      kalo cek di buku tabungan, dana akan masih terlihat.

      Delete
  39. siang all, gw mau sharing lg nich hehehe,kan taon lalu tepatx bulan des 2016 CC BNI gw lolos, dan tepatnya hr ini CC BCA gw lolos juga tnx buat analis bank bca,tips dr gw, jujur apply CC bca g pake slip gaji,tp gw ajuin klo pnya usaha,bermodal surat Ket dr kelurahan dan rek koran 3 bulan, tentunya saldo hr d atas 10 min hehehe,dgn mutasi kluar msk juga hrs bgs, awalnya udah kecewa,coz BCA yg terkenal ssh tembus memang benar adanya, gw pernh telp desember taon lalu pas tgl 23,gw kaget data g masuk sama sx d sistem itu penj CS halo BCA, so gw curhat aja gt, klo gw nasabah bukan orang yg ajuin tp g pnya rek BCA, jd CS nya bkn lap lah ,gw pikir g d hiraukan curhatan gw,eh tas cek tgl 31 des d bag CC bank BCA cab manado, jaw juga g jelas kata mereka rejek tp kartu juga udah d cetak, g tau mana yg btl, tp pas hr ini kartu nya udah datang, syukur dech, so kita bisa ajuin cm pake rek koran,tp perhtikn saldo dan mutasinya dan sx aja cek ke pusat bgmna perj applikasi CC nya.sekian

    ReplyDelete
  40. mau sharing juga... Buat cc bca sekarang ga sulit ya.. Cuma bekel ktp sama buku tabungan bca ternyata BISA.. Tadinya saya ngajuin scc di kcu bandung tapi ternyata dapetnya reguler. Tipsnya buat yg mau bikn cc saldo diatas 10 dan mutasi keluar masuk bagus aja. Saya ga punya npwp, telp rumah, slip gaji bisa lolos.. Cuma 2 minggu udah dapet sms dr bca yang bilang cc udah di setujui

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you infonya.... berarti udah makin gampang buat CC reguler ya

      Delete
  41. iya reg hehehehe, coz d kota gw SCC udah g bisa,dan cerita d atas,bandung juga udah g bisa kan, coz aslinya kan mang gak ada kec WNA, ato lg beruntung aja baru bisa apply SCC, gw cm sharing doang,klo ssh ajuin d SCC , reguler bisa kok asal kita bukan buronan bank aja hehehe, ada yg blng klo ajuin usaha ngaku online aja, gak ada jaminan, bisa juga d tolak, ato ada cerita udah daftr SCC...ttp aja gak lolos, kan smua tergantung analis, berkas SCC kan juga hrs liat klo kita msk daftr hitam ato gak,kec kt ke sinar mas 100% lolos , tp dapat cerita d internet,sinar mas juga agak gak jelas,coz mereka gak serius buat SCC indigonya, kita jujur aja dgn pekerjaan, yg penting goreng mutasi rek kita, klo gak pnya modal ,truz berhrap bgt sama Hold 3 jutaan dr SCC, menurut saya itu mustahil, BCA dgn gengsi selangit,gak semudah itu...mereka bkn bank plat merah, teman gw aja memuji ...coz bisa lolos BCA,pdhl dy kerja dBUMN dgn gaji lmyan,beda ama gw yg udah lama gak jd peg...jd bukan krna teman gw gak modal, tp ada beberapa orang merasa ribet dgn pengajuan CC d BCA,walaupun itu reguler, apalgi mau ke SCC,yg notabene iklan saja gak ada, gw pernh tnya...langsng ke teman gw yg sekretaris BCA manado,langsng d jawab sama manager KK nya udah gak ada,bukan gak ada, tp kec kita WNA, sx aja gw jawab yg pada penasaran klo masih ada SCC BCA per 2017...gw yakin udah gak ada buat orang indo,itu jelas...klo gw bohong silahkn telp Halo BCA heheheh klo msh berani dan gak kena malu, ato mau sx malunya dobel...ke CS BCA d kota masing2,biasanya SPV CS BCA pasti ada dekat CS nya,tnya aja..pasti jawaban mereka simple, klo punya usaha silahkan urus SIUP, tp klo kita mau usaha..mereka bantu kok,klo pnya usaha dijawab silakhn urus surat ket di kelurahan, klo gak mau..cr kerja dong, kok pengangguran mau pake CC...kec pnya kartu tambahan heheheh,2017 msh nganggur dan mohon2 SCC BCA...itu mustahil, klo anda mahasiswa jalan satu2 pake kartu tambahan, klo freelance...pake srt ket usaha saja dgn siapkn rek koran selesai dech.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane berani suer di KCU jogja masih gampang banget bikin SCC.... btw gw suka ngana pe info. update terus ya hehe

      Delete
    2. apa salahnya pengangguran pengen punya scc..? tidak merugikan bank sama sekali. wna saja bisa masa wni tidak..?

      saya juga yakin program scc bca masih ada. tapi ingat hanya untuk yang sama sekali tidak mungkin lolos kk reguler.

      kuncinya : tanpa slip gaji, rumah numpang/ kontrakan, usaha tidak jelas/ tanpa fisik, tanpa fixed line, tanpa npwp, siup, spt, tanpa saldo ngendap, tanpa mutasi keluar masuk. dijamin bisa lolos scc nya.

      kuncinya datang ke kcu tiap daerah. ajak ngobrol cs dan jgan menyerah.

      tips : 1- datang ke kcu, bukan telpon halo bca.
      2- ramah dengan mas/mbak csnya.
      3- tanya persyaratan kartu kredit reguler ( kita pura2 dengerin aja)
      4- kalo sudah jelas, kasi respon kalo kita mengerti tapi sangat berat untuk memenuhinya. bilang saja rumah ngontrak, no fixed line, bisnis hanya online dll.
      5- pura pura tanya program scc, tanya aja " kalo di bank sebelah ada program dana ditahan, di bca ada program seperti itu juga tidak..?" pasti direspon hanya WNI
      6- nah di step ini kalo agan bagus komunikasinya pasti dibantu deh.
      7- kalo tetep susah, terus kejar aja, jgan menyerah.

      Delete
    3. setuju. patut dipantengin nih sama pembaca yang lain.

      ingat, kasus BCA Cab. Bandung itu sebenarnya kalo pembaca mau melihat secara detail, ada agan Hirzee yang berhasil ajuin SCC disaat yang lain ditolak. perhatikan apa yang agan tersebut lakukan: NGOTOT. BERMAIN ARGUMEN. itu aja

      Delete
    4. gw yg bilang, pengangguran gak baik punya CC, situ yg namax aim is aim, mang bisa atur duit klo nganggur, min minta bantu ortu ato pacar kan heheheh, gak pnya pekerjaan bukan artinya merugikan bank, tdk sama sx, tp d sini kt bcra soal membwa diri dlm tahap ber pikir dewasa, klo orang yg pnya pekerjaan mereka bisa dan bertanggung jwb dlm mengelolah uang mereka, lah klo gak kerja, duit dr mama dan papa plus pacar...klo udah putus sumber uangnya, truz macet gt bayar CC, ntra bankx lah d bilang brengsek, tukang telp d bilang tdk sopan lah, bisa anda simpulkn kan klo gak kerja pnya CC, artinya lou mampu byr gak, cash saja sulit d cr, adira saja klo lou nunggak....100% black list ke BI melalui bank Danamon, peg CC itu hrs orang yg bertanggung jwb, bank tdk melihat seberapa besar usaha kita, tp semampu apa kita membayr, kartu tambahan tdk haram, tp anda siap tdk membayar, ingat CC itu mau dy SCC ato reg, ada bunga dan denda keterlambatan, sudah byr saja..ttp kena bunga, kenapa coz d hit per hari, anda yg gak kerja bisa keok klo tiba2 ada bunga dr bank hehehehe, ntar bank lg yg salah,pdhl kt saja yg bego, itu saja sich hehehehehe

      Delete
    5. bro randy, saya menulis artikel ini dengan tujuan untuk memberi informasi tentang bagaimana caranya mendapatkan SCC BCA. Artinya ya, orang-orang yang mengunjungi dan berkomentar disini adalah mereka yang membutuhkan informasi tersebut. Dengan kata lain, mereka saya anggap sudah siap dengan konsekuensi dari memiliki SCC, jadi saya pikir tidak perlu diperingatkan lagi.

      Kalau untuk CC reguler, saya yakin blog2 lain banyak yang menyediakan informasinya. Saya yakin baru blog ini yang membahas SCC secara mendetail.

      Sekali lagi, artikel ini membahas cara mengajukan SCC. Bukan membahas lebih bagus mana antara SCC/CC Reguler/Tidak punya CC. Thanks

      Delete
  42. itu scc ada biaya tahunan ga gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tahun pertama gratis. selanjutnya sama kayak kartu kredit reguler

      Delete
  43. jelas bisa dipakai buat paypal, wong kartunya visa BATMAN... siapa berani ngelawan?

    ReplyDelete
  44. SKTS itu karena agan nge-kos ya? kalo rumah tidak usah kan ya?
    Jadi cuma bawa KTP dan buku tabungan?

    Ane mau coba tanya ke KCU BCA Bandung, cuma ngantrinya seperti ngantri sembako disana, terakhir 2 jam ane ngantri cuma buat print buku tabungan. hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Karena saya ngekos maka pake skts. Kalo rumah sendiri ya gak butuh.
      Ok selamat berjuang. Ingat khususnya KCU bandung, perlu ngotot biar dapet scc

      Delete
  45. sy pengguna secured card bank bca, sayang nya pas kartu mati posisi saya d kalimantan, dpt tlp dr pihak bca pernah ada tagihan yg blm terbayar langsung sy byr, tp pas smpe jkt untuk urus blokir/perpanjang cc baru nya di tolak dan uang sy yg dijamin pake rek.tab. raib. smpe sy dtang k kcu bca mereka berkelit tdk ada bca secured card padahal sy bkin ny aj di kcu langsung, kcu bogor ( jl.juanda dan surat ket.lunas pun sy kantongi. payah bca memalukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. adukan ke OJK dan Bank Indonesia gan. Biasanya mereka langsung ga berkutik

      Delete
    2. bro bambang gw udah pernh bc kasus kyk lou d surat pembaca kompas, mang miris tu kss anda, d situ mang ada kss sama persis, pas dia nya mau ttp CC BCA, mungkin dy udah pnya CC d bank2 lain, uang yg d Hold buat jaminan, gak balik, coz gak tau siapa yg ambil, pej bank mana yg bertanggung jwb, pokokx hilang d telan BCA, mnrut gw sich, dr sekian ratus cerita about bank d surat pembaca, bank plng senang nasabah yg aktif, dan membuly dan membuang nasabah yg mau ttp CC mereka, maunya mereka kita tutup pas meninggal, mau billing kita nol setiap bulan, gak msalah, bank akan beranggpan kita, lg break sama mereka kyk pacaran yg lg vacuum hhehehe, so klo punya CC sebaiknya d simpan saja, ato pake makan2 saja bro ato traktir ortu dan pacar, klo takut byr, yah resiko seumur hdp, kenapa dr awal mau apply hehehehe, jd ambil enakx saja, jalan2 saja ke bali ato lombok ato singapure, gesekkkk gesekkkk, dr pada kt ttp, tp sakit hati berkepanjangan.sekian

      Delete
    3. bro Randy, saya SANGAT tidak setuju saran anda yang ini (" jalan2 saja ke bali ato lombok ato singapure, gesekkkk gesekkkk, dr pada kt ttp").
      Cara terbaik untuk mengatasi masalah CC adalah menghubungi BANK INDONESIA dan OTORITAS JASA KEUANGAN. BI menyediakan layanan mediasi untuk masalah CC, dan semua bank lebih takut sama dua lembaga ini ketimbang penegak hukum.

      Delete
  46. mas klo lock dana 20jt lngsung bisa. atau bertahap dr yg paling minim. mkasih

    ReplyDelete
  47. Kayanya jgn ajuin scc mas.. Coba dulubpake cara reguler (ga usah deposit) bisa ga. Soalnya tanpa deposit sekarang juga gampang rata" untuk cc pertama banyak yg d acc. Kalo pake scc ribet soalnya susah minta dana yang di tahan. Di ping pong kesana kemari soalnya alesannya bca udh lama ga buat program cc scc dengan lock dana.

    ReplyDelete