Saturday, October 1, 2016

Indonesia Capital Market Directory

Buat pembaca yang merupakan mahasiswa bidang ekonomi, terutama manajemen atau keuangan/akuntansi , dan terlebih lagi yang skripsinya berkaitan dengan pasar modal, pasti akan familiar dengan yang namanya Indonesian Capital Market Directory, disingkat ICMD.


ICMD berisi kumpulan data-data kinerja perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Terbit pertama kali tahun 1990, ICMD kini masih menjadi referensi para mahasiswa maupun investor dan pihak-pihak lain yang punya kepentingan dalam dunia pasar modal di Indonesia, tentu saja setelah Laporan Keuangan.

ICMD disusun dan diterbitkan oleh Institute For Economic and Financial Research (ECFIN).

Sayangnya, dalam beberapa tahun terakhir ini ECFIN sudah tidak terdengar lagi kabarnya. Alamat website-nya (www.ecfin.co.id) sudah tidak bisa dikunjungi.

Entah dengan alamat kantornya yang ada di Jl. Tebet Barat Dalam Raya No. 16,Jakarta Selatan itu, apakah masih ada atau tidak. Saya tidak pernah mengeceknya sendiri karena terlalu jauh dari domisili saya. Kalau saya liat di Google Maps sih, alamat yang sama sekarang ditempati oleh sebuah perusahaan material bangunan :D

Alhasil, sekarang untuk terbitan tahun-tahun terakhir, banyak yang memilih menggunakan data langsung dari Bursa Efek Indonesia. Namanya "Ringkasan Kinerja Perusahaan Tercatat". Isinya sama saja dengan ICMD kok.

Buat para pembaca yang membutuhkan data ICMD dari tahun 2002 sampai tahun 2016 (terbaru) bisa silahkan klik di sini.

3 comments: